Minggu, 10 Februari 2013

Mencari Jalan hidup

Bercerita tentang kehidupan, mungkin bisa ambil contoh dari kehidupan hewan seperti kura-kura.
Sejak dia dilahirkan dengan cara menetas dalam sebuah telor, dipinggir pantai berpasir dia terkubur sendiri-sendiri dengan kehangatan pasirnya dan bukan dari kehangatan ibunya atau induknya . Terkebur dalam keadaan hidup, dia berusaha tanpa bantuan siapa-siapa keluar dari dalam pasir dia berusaha keluar kepermukaan pasir yang menguburnya agar dia dapat bertahan hidup dan mencari makan dilautan sana. Betapa pelan dia merayap untuk mencapai lautan yang mungkin sebelum sampai akan dimangsa oleh hewan lain, tapi dia berusaha untuk dapat mencapai lautan sebagai alam kehidupannya.
Apa yang kita bayangkan di lautan yang luas sana, bukankan lebih kejam dan banyak hewan pemangsa lain yang jumlahnya ribuan, tapi dia tidak takut dan gentar menghadapi semuanya dengan penuh kesabaran ia berjalan pelan menuju lautan, untuk mencari makan dalam memperpanjang hidupnya, dengan sedikit-sedikit yang ia raih, sampai ia dewasa dan mempunyai tempung yang kuat untuk melindungi dirinya dari mangsa lain.
Cerita ini dapat kita petik hikmahnya bagaimana kita dapat sabar dalam mengarungi kehidupan ini, padahal kita memiliki keluarga, ibu, bapak, saudara, dan sahabat atau kawan , tapi coba kita tengok si kura-kura semua keluarganya entah dimana, dia hidup sendiri dan makan sendiri, dia harus berjuang untuk dapat mempertahannkan hidupnya, kesabaran yang ia miliki begitu besar dalam menerima cobaan hidupnya.  Bagaimana dengan kita, mungkin baru ada cobaan sedikit kita sudah mengeluh, disinilah kesabaran dan cobaan dalam mencari jalan hidup sedang diuji oleh Allah.
Karena Allah yang menguji semua mahluknya dengan berbagai macam cara. Kita sebagai manusia yang diberi akal Allah mengujinya dengan 3T ( HarTa, Tahta, WaniTa).
1. Bagainama ia mencari harta dan kemana dikeluarkannya, kecintaannya kepada Harta Alloh mengukurnya.
2. Anak dan keluarga adalah merupakan harta yang sangat berharga juga, Alloh juga akan mengujinya
3. Bagaimana Harta dikeluarkan (untuk ibadah, sodaqoh, pengobatan, dll) itu yang dipertanyakan Alloh
4. Jabatan / kedudukan dalam mengemban tugas dan tanggungjawan sbg utusan rakyat, Alloh jg akan uji
5. Bagaimana dengan wanita, sebagai pendamping dan penghibur dirinya, semua akan Alloh ujikan bagaimana dengan keimanan dan keteguhan hatinya dalam mengaruhi jalan hidupnya, semoga kita diberikan kesabaran dan keihlasan dalam menjalani ujian hidup ini, aamiin...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar