Minggu, 10 Februari 2013

Anak Kamar Kost


Kamar Kost , identik dengan anak kuliahan… disatu sisi sebagai sarana ruang belajar dan tempat istirahat di kala menuntut ilmu dirantau orang.
Kamar Kost yang diidamkan Mahasiswa/siswa/pegawai adalah ruang yang tidak tertalu sempit , bersih, tertata apik, tidak terlalu bising, lingkungan yang aman dan menunjang serta lokasinya tak jauh dari Kampus / kantor.
Ibu kost yang pengertian menambah penghuni kost tambah betah, maklum uang jajan / uang untuk kuliah kadang mungkin datang terlambat karena orang tuanya yang terlambat kirim karena keterbatasn biaya yang besar.
Persaudaraan sangat dibutuhkan diantara penghuni kost, saling tolong dikala kesusahan , atau disaat terpepet karena kehabisan uang.
Mungkin bagi mereka yang berduit tidak ada masalah dengan keuangannya , tapi coba tengok bagi mereka yang kuliah dengan anggaran biaya yang pas-pasan kadang kekurangan, orang tua harus jungkir balik putar otak untuk membiayai anaknya kuliah, sedang anaknya mencari tambahan sampingan sebagai sedikit tambahan kulianya.  Kadang mereka ada yang berhenti kuliah sementara karena kekurangan biaya dan dilanjutkan kembali setelah ada uang.   Yach begitulah hidup anak kost.. yang segalnya harus pandai – pandai mengatur keuangan dan menjaga diri dari lingkungan yang mungkin bisa saja menjerumuskan mereka karena kekurangan biaya cari uang tambahan dengan cara apa saja yang mendapatkan uang, merayu um um dengan imbalan tertentu tentunya.  Sedih kalau melihat begitu… karena berpacaran yang melebihi batas dan sang pacar meninggalkannya dan akhirnya mau diajak um um.. katanya. 
Kamar kost yang tidak terkontrol baik oleh pemilik kost membuat tempat tidak karuan, dan akan sangat menyedihkan sekali bilamana kamar kost dipakai tempat mesum. 
Semoga Ibu kost dan penghuni kost dapat saling menjaga dari kekacauan yang dapat menghancurkan cita-cita dan impian bersama. Karena anak kost yang jauh dari rantau , jauh dari pantauan orang tuanya, dikarenakan ingin tercapatnya cita-cita.
Seperti prakata : “ Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina (Utlubul Ilma walau bissin)”,  merupakan salah satu hadis yang sangat popular, bukan hanya ditanah air, di negera berpenduduk mayoritas muslim lainnya hadist ini cukup popular, makanya banyak orang untuk merantau menuntuk ilmu hingga sampai jauh kenegeri orang, dan bahkan tak pandang umur untuk mencari ilmu karena mencari ilmu adalah wajib bagi yang berakal, untuk itulah jangan kotori keberadaannya.


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar